TENGGARONG, Cakrawalakaltim.com – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melepas peserta napak tilas dan membuka Pesta Rakyat Merah Putih dalam rangka Peringatan Merah Putih ke-77 di Monumen Merah Putih, Kecamatan Sangasanga, Jumat (26/1/2024).

Edi Damansyah mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan di antara masyarakat di Kota Juang maupun di Kabupaten Kutai Kartanegara. serta menjadi wadah komunikasi dan penguat ikatan kebersamaan masyarakat Kutai Kartanegara, khususnya di Kecamatan Sangasanga.

“Sangasanga memiliki catatan tinta emas bagi perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya rakyat Sangasanga, Di mana peristiwa sejarah pada tanggal 27 Januari 1947 yang di kenal sebagai Peristiwa Perjuangan Merah Putih di Sangasanga,” ujar Edi Damansyah.

Menurut orang nomor wahid di Kutai Kartanegara, banyak hikmah yang bisa dipetik dari Peristiwa Merah Putih Sangasanga. Salah satunya ialah semangat pengorbanan, persatuan dan percaya diri akan kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Dalam konteks tersebut, pelaksanaan pembangunan daerah menjadi tantangan yang harus dihadapi dan hal tersebut tidaklah mudah. Oleh sebab itu, lanjut Edi, keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh kekuatan kolaborasi dan sinergitas antar stakeholders. Mengingat, pembangunan bukan hanya bertumpu kepada pemerintah namun memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan dunia usaha sebagai bagian dari pelaku pembangunan di daerah. 

Apalagi, Kecamatan Sangasanga merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara yang tidak boleh tertinggal dengan kecamatan lain, termasuk dalam segi pembangunan.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh kinerja panitia, pihak terkait dan seluruh lapisan masyarakat yang sudah melaksanakan kegiatan Peringatan Peristiwa Merah Putih ke-77 dengan baik dan lancar.

“Saya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat terutama bagi kaula muda agar senantiasa selalu mengenang dan memperingati perjuangan Pahlawan Merah Putih Sangasanga,” tutupnya. (*/ZF).

Loading

By redaksi