Sepaku, Cakrawalakaltim.com – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalimantan Timur (PW IPM Kaltim) menggelar aksi peduli lingkungan dengan tema “Mendorong Implementasi Komitmen Iklim Para Pemimpin 2024” di Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (9/2/24).

Dalam deklarasinya, PW IPM Kaltim menyerukan kepada Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 untuk memperhatikan beberapa hal penting:

  1. Keadilan Iklim: Menghubungkan pembangunan dan hak asasi manusia untuk pendekatan berbasis hak dalam penanganan krisis iklim.
  2. Keadilan Sosial: Memastikan distribusi kekayaan, akses terhadap sumber daya, kesempatan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan kelayakan.

Menanggapi hal ini, Muhammad Indra, Ketua Umum PW IPM Kaltim, menyatakan, “Berbagai macam bencana alam akibat deforestasi kerap mendera Kalimantan Timur, sehingga perlu penanganan sigap untuk keberlangsungan generasi selanjutnya.” Indra juga menekankan peran pelajar sebagai agen perubahan dalam memilih pemimpin yang pro iklim.

Fadil dari Sanggar Tari Maratus Taka mengungkapkan keprihatinannya terhadap keterpinggiran suku asli Dayak Paser meski ada kemajuan pasca pendirian IKN.

“Semenjak adanya IKN, suku Dayak Paser lebih eksis dan diberdayakan, terlebih lagi untuk akses mobilitas juga lebih diperhatikan dan diperbaiki, tapi sayangnya suku Dayak Paser juga mengalami keterpinggiran,” ungkapnya.

Adinda, Ketua Bidang Lingkungan Hidup PW IPM Kaltim menambahkan, “Hal-hal semacam ini perlu diperhatikan, terlebih di ajang menuju Pemilihan Umum. Kita harus memilih pemimpin yang mampu mengimplementasikan komitmen iklimnya.”

“Selaku Pelajar Muhammadiyah, kita perlu mengambil langkah tegas yang berkaitan dengan kebaikan lingkungan, terlebih di arena pembangunan Ibu Kota Nusantara,” tutupnya.

Aksi ini juga diiringi pembacaan deklarasi yang berisi tuntutan dan desakan kepada calon Presiden dan Wakil Presiden 2024, kemudian disertai pengambilan foto bersama dengan poster bertuliskan narasi perjuangan iklim, sebagai bentuk nyata dari komitmen PW IPM Kaltim dalam melindungi lingkungan dan keberlanjutannya bagi generasi mendatang.

Komitmen PW IPM Kaltim dalam menjaga lingkungan dan mendukung implementasi kebijakan pro-iklim diharapkan dapat menjadi sorotan bagi para pemimpin dan masyarakat luas dalam membangun kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan demi keberlangsungan hidup bersama.

Loading