SAMARINDA, Cakrawalakaltim.com — Kamis pagi (11/7/2024), Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun meresmikan Gedung Serba Guna Pendopo Rawa Makmur di Kecamatan Palaran. Terletak di Kelurahan Rawa Makmur, Jalan Ampera, pendopo ini menambah fasilitas kota yang ada di Palaran.

Dalam sambutannya, Wali Kota Andi Harun menjelaskan bahwa gedung ini sebelumnya diusulkan untuk direvitalisasi melalui program Probebaya pada tahun 2022, karena kondisi gedung yang sudah tidak layak dan membahayakan. “Melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023, kita alokasikan sebesar Rp 7,262 miliar untuk membangun kembali gedung ini di atas lahan seluas 60 x 70 meter persegi,” ujar Wali Kota.

Kini, gedung serba guna tersebut memiliki luas 15 x 30 meter persegi dan dilengkapi dengan ruang LPM, UKM center, dan musholla. Gedung ini sudah siap dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Wali Kota Andi Harun juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Palaran yang telah mendukung pembangunan dan menjaga kebersihan serta kerapian gedung tersebut. Ia menekankan bahwa gedung ini akan menjadi ruang publik yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Samarinda terus berupaya meningkatkan pembangunan ruang publik yang representatif untuk mendukung berbagai aktivitas masyarakat di sekitarnya,” tutur Wali Kota.

Penggunaan pendopo ini akan diatur melalui peraturan wali kota (Perwalian) yang mencakup pengelolaan dan pemeliharaan agar gedung tetap terjaga kerapian dan kebersihannya.(*/ZF)

Loading

By redaksi