Samarinda, Cakrawalakaltim.com – Dinas Kesehatan Kota Samarinda mengadakan Pameran Kesehatan 2024 dengan tema “Bergerak Bersama Mewujudkan Samarinda Sehat Menuju Kota Pusat Peradaban”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-3 Agustus di Atrium Bigmall Kota Samarinda.

Berbagai acara menarik digelar selama pameran ini, di antaranya Talkshow Kesehatan, Poundfit, Fashion Show, Zumba, Yoga, Senam Taichi, Lomba Rangking 1 Kader Posyandu dan Anak Sekolah, serta Edukasi dan Pelayanan Kesehatan Gratis.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan Launching Puskesmas Integrasi Layanan Primer (ILP) dan Penyematan Penghargaan Nakes Teladan serta Kader Posyandu. Ada pula Booth Fasilitas Kesehatan dan penampilan Guest Star untuk memeriahkan acara.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya unit kesehatan untuk melayani masyarakat dengan maksimal dan menerapkan standar pelayanan minimal.

“Layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, serta teknologi kesehatan harus diterapkan secara optimal,” ujar Andi Harun.

“Insya Allah kegiatan ini akan berjalan lancar dan sukses sampai akhir pameran,” tambahnya.

Pameran ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan transformasi layanan kesehatan dan integrasi layanan primer kepada masyarakat luas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Ismed Kusasih, transformasi layanan primer tidak hanya melayani ibu hamil dan balita, tetapi juga anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia, sehingga seluruh siklus hidup dapat dilayani di layanan primer.

“Kami ingin masyarakat lebih mengenal layanan kesehatan unggulan dari UPT di bawah naungan Dinas Kesehatan. Ada 26 Puskesmas, 37 Puskesmas Pembantu, 671 Posyandu, dan 1 unit UPT Laboratorium Kesehatan Daerah, serta 1 Pelayanan Kesehatan Rujukan yakni Rumah Sakit Inche Abdoel Moeis,” ujar Ismed Kusasih.

Selain itu, acara ini juga mengenalkan 12 standar pelayanan minimal yang menjadi mandat dari Dinas Kesehatan. Dalam rangka mendukung visi dan misi Wali Kota Samarinda, kegiatan ini memperkenalkan program ‘Doctor on Call‘ dan sistem 119 yang lengkap, yang telah dipilih untuk upacara HUT IKN di IKN.

“Mudah-mudahan kami bisa mengajak masyarakat untuk turut peduli dengan kesehatan diri sendiri dan keluarga di sekitar kita,” pungkas Ismed Kusasih.

Pameran ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kota Samarinda dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan. (AD)

Loading