Samarinda, Cakrawalakaltim.com – Pameran Kesehatan Kota Samarinda yang berlangsung dari tanggal 1-3 Agustus di Atrium Bigmall Samarinda menjadi sorotan utama masyarakat.

Acara ini menampilkan berbagai fasilitas dan layanan kesehatan unggulan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Dinas Kesehatan. Pameran ini diikuti oleh 26 Puskesmas, 37 Puskesmas Pembantu, 671 Posyandu, 1 unit UPT Laboratorium Kesehatan Daerah, serta Rumah Sakit Inche Abdoel Moeis sebagai pelayanan kesehatan rujukan.

Salah satu booth yang menarik perhatian adalah booth fasilitas kesehatan yang menampilkan layanan dari berbagai puskesmas dan laboratorium kesehatan.

Rizky, seorang apoteker dari Puskesmas Sambutan, menjelaskan, “Kalau dibooth ini kan kita lintas cluster, jadi ada beberapa puskesmas dan juga dari labkes kota. Puskesmasnya ada 4: Lempake, Sambutan, Segiri, Makroman, dan Sidomulyo,” ujarnya saat diwawancarai pada Jumat (2/8/24).

Booth tersebut menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan, termasuk screening TBC (Tuberkulosis), HIV (Human Immunodeficiency Virus, kolesterol, dan trigliserida.

“Untuk layanan yang diberikan dibooth ini, kita menyediakan layanan pemeriksaan untuk screening TBC, HIV, dan kolesterol. Kita juga buka konseling informasi tentang obat-obatan dan menyediakan flyer tentang DAGUSIBU (Dapatkan, gunakan, simpan, buang),” tambah Rizky.

Kegiatan screening ini sangat diminati oleh pengunjung. Rizky menambahkan, “Hari ini saja sudah ada 22 orang yang melakukan pemeriksaan dan itu gratis tidak dipungut biaya. Biasanya kita meminta KTP untuk input data, dan jika hasilnya positif, kita akan menghubungi pasien untuk follow up pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

Selain booth pemeriksaan kesehatan, pameran ini juga memperkenalkan layanan Doctor on Call, sebuah layanan gratis emergency yang tersedia 24 jam melalui panggilan ke nomor 119.

“Untuk ambulans sendiri, kita ada mini ICU dengan syringe pump, TKG monitor, AED, portable oxygen, dan alat-alat lainnya,” ujar Aigo dan Jimi, perawat Doctor on Call.

Layanan Doctor on Call ini didukung oleh 9 perawat, 4 bidan, dan 5 dokter. “Bedanya kita dari ambulans lainnya adalah kelengkapan fasilitas dan alat yang lebih lengkap,” tambah Jimi.

Puskesmas Sungai Siring, yang berjaga di cluster 2, fokus pada pelayanan ibu hamil, anak, dan remaja.

Bidan Violetta dari Puskesmas Sungai Siring menjelaskan, “Kami melakukan senam ibu hamil tadi pagi, pemeriksaan ibu hamil termasuk USG, dan screening deteksi dini tumbuh kembang balita melalui KPSP. Kami juga melakukan screening tumbuh kembang untuk remaja dan pemeriksaan HB dalam darah untuk remaja putri serta pemberian tablet tambah darah dan vitamin,” ujarnya.

Puskesmas Sungai Siring juga dilengkapi dengan lima puskesmas lainnya: Lok Bahu, Karang Asam, Air Putih, dan Bengkuring. “Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk ibu hamil, anak, dan remaja di pameran ini,” tutup Violetta.

Pameran Kesehatan Kota Samarinda ini menjadi ajang yang sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan secara gratis dan informasi yang berguna untuk menjaga kesehatan keluarga. (AD)

Loading