SAMARINDA, Cakrawalakaltim.com – Dalam upaya memperkuat pasokan air bersih bagi masyarakat, Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda baru saja menjalin kerjasama strategis dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (Bankaltimtara). Langkah ini bertujuan untuk mempercepat penyelesaian proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendang II yang terletak di Jalan Pusaka, Kelurahan Loa Bahu, Samarinda.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di Hotel Mercure Samarinda pada Selasa, 30 Juli 2024, dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Samarinda, Dr. Andi Harun.

Dalam kesempatan ini, Direktur Kredit Bankaltimtara, Siti Aisyah, mengungkapkan kebanggaannya atas kerjasama ini. “Kolaborasi ini akan mempercepat operasional IPA Bendang II, yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Samarinda serta meningkatkan kualitas layanan air bersih untuk warga,” jelas Siti Aisyah.

Di sisi lain, Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana, Nor Wahid Hasyim, menambahkan bahwa proyek IPA Bendang II akan memiliki kapasitas pengolahan air sebesar 400 liter per detik. “Dengan kapasitas ini, IPA Bendang II direncanakan dapat melayani sekitar 24.000 sambungan rumah tangga,” paparnya.

Wali Kota Samarinda, Dr. Andi Harun, yang juga merupakan Kuasa Pemilik Modal Perumdam Tirta Kencana, menekankan pentingnya proyek ini dalam konteks perencanaan jangka panjang Perumdam. “IPA Bendang II akan mengolah air dari kualitas baku yang mungkin terkontaminasi menjadi air yang memenuhi standar mutu yang ditetapkan,” ujar Andi Harun.

Harapan besar pun disampaikan oleh Andi Harun mengenai kerjasama ini, yaitu agar proses revitalisasi dan penyelesaian pembangunan IPA Bendang II dapat berlangsung sesuai rencana dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Samarinda.

Dengan langkah ini, Perumdam Tirta Kencana dan Bankaltimtara berkomitmen untuk mewujudkan layanan air bersih yang lebih baik, yang akan memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari warga kota Samarinda.(*/ZZ)

Loading

By redaksi