SAMARINDA, Cakrawalakaltim.com – Pawai Ta’aruf menjadi pembuka rangkaian Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-30 yang digelar di Kalimantan Timur. Acara ini berlangsung meriah pada Sabtu (7/9/2024) di Kota Samarinda, diikuti oleh berbagai kafilah dari 26 provinsi dan 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

Pawai Ta’aruf dimulai dari Kantor Dinas Perhubungan Kaltim di Jalan Kesuma Bangsa, melewati sejumlah ruas jalan seperti Jalan Agus Salim, Jalan Kyai Haji Abdul Rasyid, Taman Samarendah, Jalan Awang Long, dan berakhir di panggung kehormatan di Jalan Gadjah Mada.

Peserta pawai menampilkan mobil hias dengan miniatur masjid dan beragam budaya dari setiap provinsi serta kabupaten/kota. Pawai diawali oleh marching band SMPN 35 Samarinda dan maskot MTQN ke-30, “Angga dan Anggi”, disusul oleh kafilah dari provinsi Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, hingga Kalimantan Tengah.

Rombongan kafilah Kaltim yang terdiri dari 10 kabupaten/kota, seperti Balikpapan, Kutai Timur, Paser, Samarinda, hingga Bontang, menutup jalannya pawai.

Pawai Ta’aruf secara resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, dan disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, di panggung kehormatan.

“Kami sangat bersyukur Pawai Ta’aruf MTQN ke-30 berjalan lancar tanpa kendala. Ini adalah awal yang baik untuk pelaksanaan MTQ tahun ini,” ujar Akmal Malik kepada media.

Akmal juga mengapresiasi partisipasi semua kafilah provinsi, kabupaten/kota, serta dukungan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Ia berharap bahwa lima target sukses yang diusung dalam MTQN ini dapat tercapai, yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Ukhuwah Islamiyah, Sukses Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, serta Sukses Syiar dan Pengamalan Agama.

Sebagai tuan rumah MTQN ke-30, Kalimantan Timur berkomitmen untuk menyelenggarakan event ini dengan sukses, sekaligus mempersiapkan diri untuk acara-acara internasional di masa depan, mengingat posisi Kaltim sebagai penyangga utama Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ketua Umum LPTQ Kaltim, Sri Wahyuni, juga menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran pawai yang disaksikan oleh ribuan masyarakat Kota Samarinda. Ia mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan MTQN dengan menjaga keamanan serta mendukung seluruh rangkaian kegiatan.

“Pawai Ta’aruf adalah cara kami menyambut hangat kedatangan para kafilah yang akan berkompetisi dalam MTQN. Mari kita menjadi tuan rumah yang baik dan hadir menyaksikan berbagai lomba serta kegiatan lainnya,” tambahnya.

Pawai ini disaksikan oleh ribuan warga Samarinda dan dihadiri oleh perwakilan kepala daerah, ketua LPTQ provinsi, serta kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Penampilan Elgamar Gambus Samarinda turut memeriahkan suasana, menambah kegembiraan bagi semua yang hadir. (Ds)

Loading

By redaksi