SAMARINDA, Cakrawalakaltim.com — Mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu program prioritas Wali Kota Dr. Andi Harun dan Wakil Wali Kota Dr. Rusmadi. Dalam acara pembukaan Gebyar UMKM dan Samarinda Street Food Festival tahun 2024 di halaman parkir Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (10/7/2024) malam, Andi Harun menekankan pentingnya dukungan nyata kepada sektor UMKM yang kini mencapai 45.159 unit per 2 Juli.

Andi Harun menegaskan bahwa berpihak kepada sektor usaha kecil dan mikro adalah pilihan yang tepat. Menurutnya, UMKM telah terbukti tahan terhadap berbagai krisis ekonomi, geopolitik, pandemi COVID-19, hingga bencana seperti El Nino dan dampak perang yang memengaruhi Indonesia.

“UMKM selalu menjadi penyelamat ekonomi, termasuk di Samarinda. Oleh karena itu, dukungan kita kepada UMKM harus nyata dan tidak basa-basi,” tegas Andi Harun.

Ia mengajak para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan daya saing dan produktivitas, sehingga dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian Samarinda. Menurutnya, Samarinda yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Timur memiliki potensi besar menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, termasuk sektor kuliner.

“Kita harus bersyukur dengan adanya even Gebyar UMKM dan Samarinda Street Food Festival ini, karena ini menunjukkan bahwa pembangunan di Samarinda semakin maju dan berkembang,” katanya.

Andi Harun juga menyampaikan rasa bangga atas partisipasi Pemkab Balangan dalam acara ini, yang diwakili oleh sekitar 40 anggota jajaran Pemkab Balangan. “Kehadiran mereka adalah kehormatan bagi kami, dan semoga suatu hari nanti kita bisa membalas kunjungan ke Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Samarinda sekaligus Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Samarinda, Nurrahmani, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 yang berlangsung dari 10-14 Juli. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dekranasda Samarinda dan didukung oleh PT ADW Bersaudara sebagai event organizer.

“Kami selalu berkomitmen untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan UMKM melalui berbagai program dan kegiatan,” katanya.

Nurrahmani menambahkan bahwa Gebyar UMKM dan Samarinda Street Food Festival diikuti oleh sekitar 84 peserta yang terdiri dari 10 kecamatan, komunitas, otomotif, kuliner, dan fashion. Acara ini juga menyediakan informasi tentang sertifikat halal dari Kemenag, pendaftaran NIB, dan Sinar.

Selain pameran, ada berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai, Samarinda Drum Marching Band Festival, Poundfit, Zumba Party, Jalan Santai memperingati Hari Koperasi, Grand Final Mister and Miss Teenager Kaltim, ragam budaya Samarinda, Festival KPOP Showcase Random Play Dance, dan Night Market Ameyoko.

“Pada malam penutupan, akan ada penampilan spesial dari artis ibukota Bams dengan lagu andalannya ‘Kenangan Terindah’,” tutupnya.(*ZZ)

Loading

By redaksi